Rabu, 08 Juni 2011

tahapan proses pengambilan keputusan dalam organisasi

empat metode dalampengambilan keputusan dalam suatu organisasi yaitu :
1. kewenangan tanpa diskusi
bisa disebut juga keputusan yang diambil secara sepihak, kewenangan ini biasanya dilakukan oleh pemimpin/pimpinan organisasi tersebut. kewenangan ini dilakukan untuk mempersingkat waktu namun dampak negatifenya juga dapat menimbulkan rasa ketidak percayaan anggota terhadap pimpinannya karna anggota tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan tersebut.

2. pendapat ahli
pendapat orang-orang yang memang berkompeten dibidangnya. pendapat ini sangat berguna didalam sebuah organisasi.

3. kewenangan setelah diskusi
kewenangan ini diambil secara bersama-sama artinya pemimpin lebih mempertimbangkan atau mendiskusikan lebih anjut dengan para anggota. kelemahannya para anggota akan berlomba-lomba mempengaruhi pimpinan untuk mencari perhatiian pemimpinnya.

4. kesepakatan
sebuah negara yg demokrasi pasti menggunakan 'kesepakatan' sebagai metode kenegaraannya. dalam sebuah organisasipun pasti harus ada kesepakatan yang diambil bersama-sama. dengan kesepakatan yang baik akan jelas pula tujuan, kegunaan dan manfaatnya.

demikian tugas mata kuliah metode dan organisasi ini saya buat dengan bahasa dan pembuatan saya sendiri, mohon maaf jika ada kekurangan-kekurangan dalam pembuatan tugas ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar